Soal Cawapres Anies Baswedan Harus dari Jateng atau Jatim, AHY: Bukan untuk Satu atau Dua Provinsi

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)
Sumber :
  • A. Thoriq/ Viva Jatim

Jakarta, VIVA Jatim-Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tidak setuju dengan pendapat yang menyatakan bahwa idealnya bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Anies Baswedan harus berasal dari Jawa Tengah (Jateng) atau Jawa Timur (Jatim).

PDIP Cermati Peluang Anies-Ahok untuk Diusung di Pilkada Jakarta 2024

Hal tersebut disampaikan oleh AHY usai peluncuran buku Tetralogi Transformasi AHY di Djakarta Theatre, Jakarta, Kamis malam, 10 Agustus 2023.

"Karena yang kita hadapi adalah pemilihan presiden untuk Indonesia, bukan untuk satu atau dua provinsi," ujarnya 

Tampang Melas 2 Tersangka Pemerkosa Gadis ABG di Bawean Gresik

Pemilu sebagai pesta demokrasi lima tahun sekali itu, menurutnya, untuk mencari pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) dari seluruh Indonesia.

Kendati demikian, AHY tak memungkiri Jateng dan Jatim merupakan dua di antara tiga provinsi dengan jumlah pemilih terbanyak. Namun, tak baik apabila terlalu fokus ke dua daerah itu saja.

Pemkot Surabaya Gandeng Kampus NU Unusa Kelola Bozem dan Taman di Tenggilis

"Kita juga harus memahami tentu tidak boleh dilihat sepetak-petak begitu. Kita ingin dihadirkan opsi-opsi, dan kita bahas secara rasional," katanya.

Ia menyatakan lebih tertarik membahas strategi terbaik untuk merebut suara pemilih pada Pilpres 2024 daripada fokus ke sosok cawapres.

Halaman Selanjutnya
img_title