Hari Jadi Majapahit ke-730, Opera Gayatri Tampil Memukau Hipnotis Masyarakat Mojokerto

Pementasan opera Majapahit Gayatri
Sumber :
  • Lutfi/Viva Jatim

Mojokerto, VIVA Jatim - Pementasan opera Majapahit Gayatri sang Sri Rajapatni memukau penonton yang hadir di halaman Pengelolaan Informasi Majapahit (PIM) atau lebih dikenal Museum Majapahit, Trowulan Mojokerto pada Sabtu, 4 November 2023 malam.

Teater Tombo Ati Dibintangi Cak Kartolo Tutup Gaung Sakala Majapahit 2023

Pementasan berdurasi satu jam lebih itu berhasil mengajak mereka yang hadir ”melompat” ke masa lalu, Nusantara abad ke-14.

Panggung yang artistik, tata lampu yang pas, para pemain yang luwes, film di layar LCD, pertunjukkan musik, hingga bahasa Jawa kuno yang dipakai sebagai narasi betul-betul menghadirkan suasana Jawa berabad-abad silam.

Keseruan Teater Keliling Calon Arang di 5 Kota, Sumenep Salah Satunya

Pertunjukan musik dipimpin oleh Franki Raden bersama dengan Indonesian National Orchestra, yang terdiri dari berbagi alat musik tradisi, seperti gamelan, tifa, serta kecapi.

Kolaborasi artistik ini dilengkapi dengan penata cahaya yang apik. Naskah opera ditulis sekaligus sutradarai oleh Mia Johananbes atau Mhyajo. Sebelumnya, opera Majapahit ini pernah ditampilkan di Teater Jakarta Taman Ismail Marzuki (TIM) pada bulan Oktober 2023 lalu.

Jokowi Buka Acara Pertunjukan Angklung Terbesar Dunia di GBK

Opera Gayatri menampilkan perjalanan hidup Gayatri, putri bungsu Raja Singasari, Raja Kertanegara dan Ratu Sri Bajradewi, dalam beberapa babak. Mulai Gayatri lahir pada 1293 Masehi dengan nama Dyah Gayatri Dewi Kertanegara.

Diceritakan, bungsu empat bersaudara itu tumbuh dewasa dengan cara berbeda dari gadis lainnya. Gayatri jarang bermain dengan teman sebayanya. Bahkan, dia juga tak suka bersolek sebagaimana perempuan lainnya.

Halaman Selanjutnya
img_title