Khofifah Serahkan Bantuan Inkubator dan Fototerapi ke Muslimat NU Cirebon

Khofifah Serahkan Bantuan ke Muslimat NU Cirebon
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Cirebon, VIVA Jatim – Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muslimat NU, Khofifah Indar Parawansa menyeragkan bantuan inkubator dan fototerapi gratis kepada penerima mamfaat melalui Pimpinan Cabang (PC) Muslimat NU Cirebon. Bantuan ini diberikan kepada masyarakat yang memiliki bayi dengan Berat Badan Lahir Rendah (BBLR).

Respons Mas Dhito Masuk Bursa Cawagub dari PDIP Pendamping Khofifah

"Alhamdulillaah ini dari Yayasan Kesejahteraan Muslimat NU (YKM NU) ada inkubator yang bisa untuk membantu saudara-saudara kita yang melayani bayi dengan BBLR," kata Khofifah yang juga sekaligus Ketua Pembina YKM NU pada acara Hari lahir ke-77 Muslimat NU di Pendopo Kab. Cirebon, Minggu, 23 Juli 2023. 

Khofifah menjelaskan, bantuan ini merupakan bentuk perhatian Muslimat NU terhadap upaya penurunan angka kematian bayi (AKB) yang masih perlu perhatian beberapa daerah di di Indonesia. Dimana, program peminjaman inkubator dan fototerapi gratis ini telah diluncurkan oleh YKM NU sejak pertengahan Februari tahun 2020.

Khofifah Belum Lirik PKB Maju di Pilgub Jatim, Cak Imin: Kalau Daftar Kita Sambut

"Program ini akan terus disosialisasikan agar semakin banyak yang bisa mendapatkan manfaat dari bantuan ini, dan semakin banyak bayi yang dapat ditolong," ujarnya.

Khofifah menambahkan, beberapa hal yang membuat bayi BBLR atau di bawah 2500 gram, antara lain status gizi ibu bayi sebelum dan saat hamil, berat badan ibu saat hamil, usia ibu saat sedang hamil, kondisi kesehatan ibu dan bayi prematur.

Khofifah Puji Rektor Unair Susun Konsep Pendidikan Indonesia Maju

"Kalau tumbuh kembangnya terhambat, perkembangan otaknya terhambat nanti juga bisa membuat bayi ini terindikasi stunting," imbuhnya.

Lebih lanjut disampaikan Khofifah, selain bantuan inkubator juga dibutuhkan para relawan yang bisa memahami berbagai informasi terkait BBLR dan bayi Kuning. Sekaligus terkait pentingnya informasi terkait penggunaan inkubator.

Halaman Selanjutnya
img_title