Wali Kota Surabaya Libatkan UMKM pada Gelaran Piala Dunia U-17 di GBT

Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Surabaya, VIVA JatimWali Kota Surabaya, Eri Cahyadi turut melibatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam menyemarakkan gelaran Piala Dunia U-17 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT). Momen itu diyakini sangat tepat dalam memberdayakan usaha masyarakat dalam ajang sepakbola dunia.

PSI Lirik Bayu Menantu Pakde Karwo Jadi Penantang Eri Cahyadi di Pilwali Surabaya

Sebelumya, FIFA dan PSSI telah menyepakati 4 stadion yang menjadi venue Piala Dunia U-17 pada November 2023 mendatang. Satu di antara ke empat stadion itu adalah Stadion GBT Surabaya. Untuk itu, Eri mengajak pelaku UMKM memanfaatkan momen tersebut dengan sebaik mungkin.

"Alhamdulillah GBT sudah dijadikan (venue). Sehingga kita persiapan untuk Surabaya menjadi kota wisata olahraga. Jadi kita siapkan beberapa UMKM, kita sudah panggil, nanti dia menyiapkan apa-apa. Tinggal kita menunggu gebyarnya apa sih yang di Surabaya nanti, tim mana saja," ungkapnya dalam keterangan tertulis yang diterima Viva Jatim, Sabtu, 12 Agustus 2023.

Demokrat Surabaya Hanya Usulkan Eri-Armuji di Pilwali 2024

Wali Kota Eri lantas mencontohkan bentuk pelibatan UMKM dalam menyemarakkan Piala Dunia U-17. Seperti misalnya UMKM turut memproduksi souvenir atau merchandise tim yang akan bertanding dalam piala dunia. Nantinya produk UMKM tersebut, akan turut dijual di Stadion GBT.

"Jadi menggerakkan UMKM Kota Surabaya. Ada kaos, ada souvenir, apapun itu akan kita libatkan UMKM-nya Kota Surabaya. Yang memang sekarang sedang dipanggil teman-teman koperasi untuk dikurasi hasil-hasilnya. Nanti kita tampilkan semuanya di Gelora Bung Tomo," katanya.

30 Ribu Orang bakal Hadiri Pengajian Gus Iqdam di Surabaya, 1.970 Aparat Disiagakan

Menurut dia, kurasi bagi produk UMKM yang akan ditampilkan di Stadion GBT sangatlah penting. Seperti halnya produk UMKM Surabaya yang telah masuk di Surabaya Kriya Gallery (SKG).

"Ternyata di Surabaya Kriya Gallery itu sangat luar biasa, omzetnya naiknya luar biasa. Kalau UMKM tidak dikurasi, nanti hasilnya juga tidak memuaskan. Jadi dikurasi, kalau kurang, diajari lagi sampai jadi bagus," sebutnya.

Halaman Selanjutnya
img_title