Penyebab Penyakit Malaria Paling Mematikan, Berikut 6 Fakta Nyamuk Anopheles

Ilustrasi gigitan nyamuk
Sumber :
  • viva.co.id

Surabaya, VIVA JatimPenyakit malaria diketahui disebabkan oleh Nyamuk Anopheles. Nyamuk ini telah menjadi perhatian global, termasuk Indonesia selama bertahun-tahun. Jenis nyamuk ini dapat menularkan parasit Plasmodium ke manusia dan menyebabkan penyakit malaria yang mematikan tersebut. 

Waspada 5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran

Apalagi belum lama ini, Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat (Kostrad) baru saja kehilangan salah satu prajurit terbaik mereka yakni Pratu (Anumerta) Muhammad Ardiansyah Taena yang gugur setelah terserang penyakit malaria di hutan Papua karena gigitan nyamuk Anopheles tersebut. 

Penyakit malaria yang kembali menjadi perhatian pada belakangan ini pun membuat banyak orang cukup khawatir. Berikut ini fakta-fakta tentang nyamuk Anopheles sebagai penyebab penyakit malaria yang dihimpun dari berbagai sumber.

Libur Lebaran, Dokter Imbau Warga RI Waspada Flu Singapura dan DBD

1. Penyebaran Geografis

Nyamuk Anopheles tersebar di seluruh belahan dunia, terutama di daerah tropis dan subtropis. Biasanya, mereka ditemukan di berbagai habitat seperti rawa-rawa, sungai, dan danau. 

Kenali Gejala Leptospirosis, Penyakit Kencing Tikus di Musim Hujan dan Banjir

2. Memakan darah

Jenis nyamuk Anopheles ini adalah nyamuk yang bersifat hematofag, yang berarti mereka memakan darah mamalia, termasuk juga manusia. Nyamuk betina Anopheles membutuhkan darah untuk menghasilkan telur yang berkembang menjadi larva.

Halaman Selanjutnya
img_title