Pelita Air Telat Terbang gegara Candaan Ada Bom di Bandara Juanda

Ilustrasi Pesawat
Sumber :
  • Viva Jatim/Nur Faishal

Sidoarjo, VIVA JatimBandara Internasional Juanda Surabaya di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, dihebohkan dengan adanya kabar ancaman bom pada Rabu, 6 Desember 2023. Akibatnya, pesawat Pelita Air rute Surabaya-Cengkareng sempat tertunda terbang.

Berikut Rute Bandara Dhoho Kediri, Sejumlah Maskapai Siap Mengudara

Pesawat yang mengalami nasib sial itu ialah Pelita Air dengan nomor penerbangan IP205 PKPWD. General Manager PT Angkasa Pura 1 Bandara Juanda, Sisyani Jaffar, menjelaskan, bahwa pesawat tujuan Jakarta itu mengalami keterlambatan penerbangan.

"Dikarenakan terdapat penumpang yang bercanda membawa bom," kata Sisyani dalam keterangannya diterima wartawan.

Bandara Juanda Buka Posko Terpadu Angkutan Udara Sambut Nataru

Karena candaan itu, pesawat tersebut kemudian ditunda berangkat dan digiring menuju parkir terisolasi untuk pemeriksaan oleh petugas gabungan Bandara Juanda. "Hasil pemeriksaan tidak ditemukan ancaman dimaksud," kata Sisyani.

Kendati begitu, petugas tetap mengamankan penumpang yang telah melontarkan candaan soal bom itu. "Yang bersangkutan saat ini telah diamankan dan dibawa oleh POM Lanudal Juanda," tandas Sisyani.

Tinjau Kalibrasi Bandara Dhoho Kediri, Menhub: Minggu Depan Tes Take Off-Landing

"Atas kejadian tersebut, tidak terjadi gangguan operasional penerbangan dan masih berjalan dengan normal," imbuh Sisyani.